Nasional, Jakarta - Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud bertemu dengan anak dan cucu Presiden Soekarno, Megawati dan Puan Maharani dalam kunjungan di Istana Kepresidenan, Kamis 1 Maret 2017. Pertemuannya berjalan santai, salah satu bahasannya soal ranjang.

"Pertemuan itu berlangsung selama kurang lebih 15 menit di Istana Merdeka," ujar Kepala Biro Pers Istana Kepresidenan Bey Machmudin dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 1 Maret 2017.

Baca: Raja Salman Puji Moto Kerja Kerja Kerja Jokowi

Bey mengatakan, Megawati, Puan Maharani, dan Raja Salman membicarakan berbagai hal dalam pertemuan singkat itu. Namun yang unik, kata Bey, adalah pembicaraan soal ranjang.

Pembicaraan soal ranjang itu, lebih jelasnya, perihal ranjang yang dibuatkan Soekarno untuk Raja Arab Saudi. Puan Maharani bercerita kepada Raja Salman bahwa kakeknya pernah membuatkan tempat tidur khusus untuk raja Arab Saudi

Baca: Raja Salman Tanyakan Cucu Bung Karno, Puan Maharani Mendekat

Ranjang khusus itu dibuat, kata Puan Maharani, karena raja Arab Saudi umumnya berukuran besar dan tidak ada ranjang di Indonesia yang cukup untuk mereka. Oleh karenanya, Soekarno selaku arsitek langsung membuat ranjang khusus dengan panjang sekitar dua meter.

"Sekarang tempat tidur itu ada di Istana Bogor," ujar Puan yang tidak ingat siapa Raja Arab Saudi yang pernah memakai ranjang itu. Apabila mengikuti urutan masa pemerintahan raja-raja Arab Saudi, maka raja yang disambut Soekarno itu adalah Raja Saud bin Abdulaziz

ISTMAN MP