Bisnis, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berpesan kepada pimpinan kementerian/lembaga agar mereka melakukan efisiensi maksimal, khususnya dalam membelanjakan uang negara untuk gaji pegawai.

"Yang harus dipelototi apakah pembayarannya sesuai dengan jumlahnya," kata Sri dalam Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga 2017, di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa, 28 Februari 2017.

Kemudian Sri berpesan pembelian barang untuk bantuan sosial (bansos) jangan sampai terlambat dibelanjakan, khususnya untuk masyarakat miskin.

Baca: Tekan Kemiskinan, Menkeu: Kenaikan Rasio Pajak Kian Penting

"Kita bisa dianggap mendzalimi mereka, kita harus mampu menggunakan anggaran efisien, tepat sasaran, dan akuntabel," ujar Sri. Dia mengingatkan pimpinan kementerian/lembaga tidak melakukan pungutan atau tindakan yang membebani dan melanggar anggaran.

Baca: Sri Mulyani Klaim Ekonomi Indonesia Tidak Buruk

Sri Mulyani Indrawati mendapat instruksi dari Presiden Joko Widodo untuk melakukan efisiensi dan mengurangi kerumitan pengunaan anggaran dalam Laporan Pertanggungjawaban kementerian/lembaga.

Baca: Sri Mulyani Janji Tambah Anggaran Kemendag, Asal...

Ini karena jumlah LPJ yang terlalu banyak dinilai membebani. Presiden Jokowi menginginkan adanya penyederhanaan penggunaan anggaran.  "Anggaran yang efektif dan baik tidak harus terlalu complicated," ujar Sri Mulyani.

GHOIDA RAHMAH