Travel, Pasaman Barat - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, bertekad menjadikan kerajinan sulaman benang emas yang ada di Air Bangis sebagai ikon daerah. "Sulaman benang emas Air Bangis memang indah dan bagus. Namun kurang promosi," kata Bupati Pasaman Barat Syahiran di Simpang Empat, Senin.

Berita lain: Cagar Alam Maninjau Menjadi Hebitat Binatang Buas

Syahiran mengatakan saat dia sedang berupaya menjadika kerajinan itu dienal di tingkat daerah dan nasional. "Harga sulaman ini cukup mahal mencapai Rp1 juta perhelai. Tentunya jika kualitas bagus maka akan banyak peminat," ujar dia.

Selama ini sulaman benang emas sudah dipasarkan di wilayah Pasaman Barat. Para pengrajin sulaman juga sudah mengenalkannya kepada wisatawan yang datang ke Pasaman Barat.

Ketua kelompok sulaman benang emas Air Bangis, Veli, mengatakan jumlah penyulam di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas mencapai 10 orang. “Mereka keturunan dari para perajin sulam sebelumnya,” kata dia

Veli mengatakan sulaman benang emas Air Bangis diakui indah karena dibuat oleh tangan manusia dan hasil dari kreativitas. "Bagaimana lagi, harga benangnya itu yang mahal. Tetapi, kerajinan kita ini tetap dilirik karena memiliki nilai yang tinggi," ujar dia.

Ia menyebutkan harga standar sulaman benang emas seperti sarung bantal mencapai Rp1 juta. Biasanya sulaman benang emas bisa digunakan untuk pelaminan, gorden pintu dan baju.

Ia menjelaskan sebelum membeli, pelanggan memesan dulu, karena proses penyulaman cukup lama. Bisa lebih dari satu bulan.

 

ANTARA

Berita lain:Pameran Wisata di Denmark, Indonesia Tawarkan Nasi ...