Metro, Bogor - Puluhan pelajar siap menyambut kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud di Istana Bogor, Rabu, 1 Maret 2017. Para pelajar ini mengenakan pakaian adat sambil memegang bendera kecil Merah-Putih dan bendera Kerajaan Arab Saudi.

Baca: Raja Salman Tiba di Halim, Langsung Menuju Istana Bogor

Pasukan drum band bersama pasukan berkuda nampak sedang melakukan gladi bersih di halaman utama Istana Bogor. Sedangkan di bagian belakang istana, petugas melakukan sedikit modifikasi di area tangga. Sebuah akses jalan yang di kedua sisi diberi pegangan besi berdiri kokoh.

Di sisi lain, tepatnya di area jalan menuju Kebun Raya Bogor, pihak Istana Kepresidenan sudah menyiapkan sejumlah bibit pohon. Rencananya, Presiden Joko Widodo bersama Raja Salman dan para pangeran akan menanam bibit pohon bersama.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan penanaman pohon merupakan simbol persahabatan kedua negara. "Penanamannya di belakang, sayap kiri istana," kata dia.

Baca: Begini Pengamanan Raja Salman dari Bandara Halim ke Bogor

Raja Salman beserta rombongan dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada Rabu siang ,1 Maret 2017. Mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, rombongan akan menuju Istana Bogor untuk menggelar pertemuan resmi dan makan siang.

Di Istana Bogor, kedua negara akan membahas sejumlah kerja sama bilateral. Selain itu, para rombongan juga akan dihibur dengan tarian. Djumala menyatakan tari bernuansa Aceh Melayu, yaitu Tari Saman akan tampil di hadapan Raja Salman. "(Koreografer tariannya) Denny Malik," kata dia.

ADITYA BUDIMAN