Nasional, Jakarta - Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud ke Indonesia tak hanya untuk menemui Presiden Joko Widodo. Menurut Duta Besar Arab Saudi Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, Raja Arab itu juga dijadwalkan bertemu dengan pimpinan organisasi kemayarakatan (ormas) Islam.

"Barangkali akan bertemu dengan ormas Islam dan pemimpin-pemimpinnya," kata Osama, di Kantor Kedutaan Besar Arab Saudi, Jakarta, Selasa, 28 Februari 2017.

Baca: Raja Arab Datang, Fadli Zon: Indonesia Penting bagi Arab

Osama tak menyebutkan ormas mana saja yang akan ditemui Raja Salman. Ia mengatakan Kementerian Luar Negeri yang akan menentukan ormas mana saja yang bisa bertemu dengan Raja Salman. "Yang memutuskan nama-nama ormas yang akan bertemu Raja Salman adalah Kemlu," katanya.

Rombongan Raja akan tiba di Indonesia esok, Rabu, 1 Maret 2017. Osama membeberkan agenda Raja Salman selama di Indonesia. Menurut dia, Raja Arab ketujuh itu akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Dalam pertemuan itu keduanya akan menandatangani 10 MoU (Memorandum of Understanding) atau kesepakatan bersama.

Baca: Di Bogor, Raja Arab Disambut Dentuman Meriam dan Cek Pasukan

Raja Salman juga dijadwalkan bakal berpidato di Gedung DPR. Setelah itu, dia akan berkunjung ke Masjid Istiqlal.

Setelah melakukan kunjungan kerja, Raja Salman berencana plesiran ke Bali selama lima hari sejak tanggal 4 hingga 9 Maret 2017.

MAYA AYU PUSPITASARI