Metro, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menyiapkan pengamanan penuh terhadap rombongan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi yang tiba siang ini, Rabu, 1 Maret 2017, di Jakarta. Rencananya, Raja Salman akan tiba siang ini pukul 12.30 WIB di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Kami akan mengawal dan mengamankan rute. Polisi lain mengamankan ring tiga," ujar Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Indra Jafar, di Polda Metro Jaya.

Setelah tiba di Halim, rencananya Raja Salman akan langsung bertolak ke Istana Bogor. Ia akan melewati jalur Cawang, dan masuk ke arah tol langsung menuju Bogor. Iring-iriingan pengamanannya tiap kendaraan rombongan raja, akan diterapkan standar tamu VVIP.

"Kalau yang dekat (kendaraan) Raja Salman ada dua mobil dan enam motor. Pangeran-pangerannya satu mobil dan enam motor," kata Indra.

Indra mengatakan para anggota polisi lalu lintas ini akan bekerja bersama Pasukan Pengaman Presiden (Paspamres) dalam mengamankan rute rombongan. Tak hanya di sepanjang perjalanan saja, pengamanan juga akan dilakukan di beberapa titik  yang dinilai rawan.

"Kami juga mengamankan pelintasan seperti interchange (simpang), karena takut dimanfaatkan oleh orang-orang berbahaya," kata Indra.

Rencananya Raja Salman dan rombongannya akan ada di Jakarta selama empat hari. Mereka kemudian akan bertolak ke Bali, sebelum mengakhiri kunjungannya.

EGI ADYATAMA