Bisnis, Jakarta - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro memberi contoh dua profesi bergaji besar yang kerap dianggap remeh. Untuk itu, pemerintah sedang berfokus dalam mengembangkan vokasi dan kuaitas guru.

Dia mengatakan sekolah umum seperti SMA lebih mendominasi dibanding sekolah kejuruan. Padahal lulusan SMA yang melanjutkan pendidikan ke universitas, susah mendapatkan lapangan kerja. Di sisi lain, Bambang menuturkan banyak lapangan kerja yang membutuhkan ketrampilan tertentu dan hanya sedikit orang memiliki kemampuan tersebut.

Baca: Ini Daftar 9 Profesi Prioritas Target Tax Amnesty

"Dulu orang bilang kalau mau besar cepet cari uang kalau enggak dokter ya insinyur. Kalau sekarang ingin banyak duit jadi pilot dan chef atau koki," kata dia di Makassaar, Rabu 1 Maret 2017.

Pilot dan chef, kata dia, adalah profesi bergaji besar bahkan untuk di tingkat awal seseorang tersebut mulai bekerja. Karena bagian dari pendidikan vokasi, dua profesi tidak memerlukan ijazah sarjana dan membuat skripsi. Musababnya, pendidikan vokasi mengutamakan keterampilan.

Baca: Disindir Ahok Bergaya Dosen, Anies: Jangan Remehkan Profesi

"Tapi toh kita sekarang banyak lihat mungkin banyak chef dan pilot gajinya lebih tinggi dari kita-kita yang gelarnya sampai master dan dokter," kata dia.

Menurut dia, masyarakat cenderung memilih pendidikan umum dari pada vokasi. Karena itu pemerintah ingin fokus mengembangkan pendidikan vokasi karena untuk memperluas kesempatan kerja dan mengurangi pengguran. "Itu mungkin menjadi jalan bagi anak-anak keluarga yang tergolong berpenghasilan rendah untuk bisa lompat ke strata pekerjaan yang memberikan income lebih tinggi."

ALI HIDAYAT