Inforial- PT Freeport Indonesia (PTFI) menerima piagam rekor dunia dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga rumah ibadah yang didirikan di area operasional tambang PTFI di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, serta rekor nasional untuk perusahaan tambang dengan program pengembangan dan pelatihan terlengkap bagi masyarakat lokal. Piagam MURI diserahkan Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Presiden Direktur Freeport Indonesia Chappy Hakim pada Senin, 9 Januari 2017.

Chappy Hakim menyambut baik piagam rekor dunia MURI yang diterima sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen PTFI dalam menyediakan fasilitas ibadah untuk mendukung kehidupan karyawan PTFI, termasuk bagi mereka yang bekerja di area pertambangan.

Masjid Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria yang dibangun berdampingan itu terletak di titik terdalam permukaan tanah di kompleks tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia. Sedangkan Masjid Al A’Raaf dengan elevasi tertinggi, terletak di area tambang terbuka Grasberg, PT Freeport Indonesia. “Tiga rumah ibadah ini kami bangun sebagai bentuk nyata komitmen PTFI untuk menyediakan fasilitas pendukung bagi para karyawan di seluruh lokasi kerja mereka. Sebanyak lebih dari 95 persen dari 32 ribu karyawan PTFI adalah putra-putri bangsa yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,” ujar Chappy.

Sedangkan rekor ketiga merupakan apresiasi terhadap komitmen PTFI dalam mendukung pengembangan masyarakat Papua. Bentuk nyata komitmen itu antara lain berupa 7.904 materi pelatihan di PTFI untuk masyarakat lokal yang meliputi pelatihan komputer, perawatan mekanis, perawatan listrik, bahasa, kepemimpinan, hingga keselamatan dan lingkungan. Selain itu, PTFI melakukan pengembangan kompetensi bagi karyawan dan peserta pemagangan di Institut Pertambangan Nemangkawi yang dibangun PTFI pada 2003.


INFORIAL